Si Robot Hijau begitulah kiranya banyak orang-orang sekarang ini menyebutnya, fenomena munculnya android di Indonesia cukup meramaikan persaingan dalam bisnis perangkat mobile ( Smarthphone ). Dalam ulasan kali ini saya ingin mencoba berbagi tentang asal mula Si Robot Hijau ini. Android sebenarnya berasal dari bahasa Yunani “andr” yang artinya “laki-laki”, dan “eides” yang berarti “dari spesies; menyerupai”. Akhirnya di pakailah nama android ini menjadi sistem operasi mobile yang di usung oleh perusahaan ternama Google Inc. Sejarah android dimulai pada tahun 2005 dimana Googgle mulai menunjukkan eksistensinya sebagai salah satu perusahaan yang berpengaruh besar di bidang teknologi informasi di dunia. Untuk tetap menunjukkan kontribusinya di bisnis IT ini Googgle akhirnya memulai langkah untuk merambah bisnis perangkat mobile dengan sistem operasi Android yang di usungnya.

Salah satu langkah Google pada waktu itu adalah membeli sebuah perusahaan kecil yang bernama Android Inc, yang didirikan oleh Andy Rubin sekarang menjabat sebagai Direktur Google Mobile Platform. Perusahaan Android Inc tersebut bergerak di bidang Aplikasi ponsel. Dan pada akhirnya Googgle pun mengakusisi perusahaan tersebut untuk bersama membangun sebuah ponsel dengan sistem operasi yang telah terintegrasi dengan produk yang telah ada sebelumnya di Googgle seperti Gmail dan Googgle Map.

Rumor bahwa Google akan membuat ponsel pun kemudian berkembang hingga ke pabrik-pabrik ponsel. Isu ini bahkan diangkat oleh BBC dan The Wall Street Journal.

Apa keunikan Android? Di Google, memancarkan beberapa keunggulan kunci perangkat yang membedakan berdasarkan platform Android dari produk serupa:

1. Keterbukaan – Android menyediakan akses ke fungsi dasar perangkat mobile menggunakan standar panggilan ke API.

2. Penghancuran perbatasan – Anda dapat menggabungkan informasi dari Internet ke dalam telepon, seperti informasi kontak, atau data pada lokasi geografis untuk mendapatkan kesempatan baru.

3. Kesamaan aplikasi – untuk Android ada perbedaan antara telepon utama aplikasi dan perangkat lunak lain – Anda bahkan dapat mengubah program untuk memutar nomor, atau screen saver.

4. Cepat dan mudah perkembangan – dalam SDK memiliki semua yang anda butuhkan untuk membuat dan menjalankan aplikasi Android, termasuk simulator ini instrumen, dan alat debugging maju.