GIS (Geographic Information System)  /  Sistem Informasi Geografis (SIG) merupakan sebuah sistem untuk pengelolaan, penyimpanan, pemrosesan, analisis dan penayangan (display) data yang terkait dengan permukaan bumi. Sistem tersebut untuk dapat beroperasi membutuhkan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) juga manusia yang mengoperasikannya (brainware).

GIS merupakan sistem penanganan data keruangan (marble et all, 1983)

GIS merupakan sistem komputerisasi data yang penting (Calkin dan Tomlison,1984)

Komponen-komponen yang ada pada SIG :



Pengertian masing-masing komponen SIG :
1. Data
Data yang digunakan dalam SIG dapat berupa data grafis dan data atribut.
Data grafis/spasial ini merupakan data yang merupakan representasi fenomena permukaan bumi yang memiliki referensi (koodinat) lazim berupa peta, foto udara, citra satelit dan sebagainya serta disimpan dalam bentuk vektor (x,y) atau hasil dari interpretasi data-data tersebut.
Data atribut adalah data tabular yang memberikan informasi dari data spasial, misalnya data sensus penduduk, catatan survei, data statistik lainnya. Kumpulan data-data dalam jumlah besar dapat disusun menjadi sebuah basisdata. Jadi dalam SIG juga dikenal adanya basisdata yang lazim disebut sebagai basisdata spasial (spatialdatabase).

2.Perangkat lunak SIG (Software)

Merupakan program komputer yang dibuat khusus dan memiliki kemampuan Pengelolaan, penyimpanan, pemrosesan, analisis dan penayangan data spasial. Ada pun merk perangkat lunak ini cukup beragam, misalnya Arc/Info, ArcView, ArcGIS, Map Info, TNT Mips (MacOS, Windows, Unix, Linux tersedia), GRASS, bahkan ada Knoppix GIS dan masih banyak lagi.

3. Perangkat keras (Hardware)

Berupa seperangkat komputer yang dapat mendukung pengoperasian perangkat lunak yang dipergunakan. Dalam perangkat keras ini juga termasuk didalamnya scanner, digitizer,GPS, printer dan plotter.

Berikut merupakan sumber data yang dapat diolah pada GIS yang dijelaskan dalam sebuah gambar :

 

Pengertian pengolahan data pada Sistem Informasi Geografis (SIG) adalah sebagai berikut :
a. Data Input, berupa peta analog, tabel, file elektronik dari peta dan data attribute dari foto udara serta penginderaan jauh.
b. Data manajemen, digunakan untuk menyimpan dan memanipulasi data dari database.
c.  Data  manipulasi dan analisa, mendeterminasikan informasi yang dapat dipakai oleh  SIG.
d.  Data output, berupa laporan berbentuk tabel, peta analog, ataupun disimpan dalam storage tertentu.

Nb : Untuk output data bisa ditampilkan dalam bentuk Tabel, Grafik dan Peta ini semua tergantung dari kebutuhan data yang ingin ditampilkan dan berdasarkan dari hasil pengolahan data pada proses data.

Faktor-faktor penunjang  kesuksesan SIG antara lain :
a. Set data, digunakan untuk merepresentasikan sesuatu tentang dunia nyata pada suatu saat.
b. Organisasi data, mengorganisasikan data ke dalam suatu bentuk database.
c. Pemilihan model, menggambarkan obyek atau fenomena yang ada di dunia  dan memprediksi bagaimana suatu kejadian alam terjadi.
D. Kriteria, digunakan untuk  mengevaluasi model yang nantinya menunjukkan tingkat kegunaan dari user untuk membuat keputusan.