1. Jalankan Update Manager

Langkah pertama yang dapat kita lakukan setelah menginstall Ubuntu adalah melakukan pengaturan pada update manager agar aplikasi maupun software pendukung pada Ubuntu kita terbaharui dan dapat menikmati fitur-fitur terbaru. Jangan sampai karena kita sudah menginstall rilis terakhir ubuntu kita menjadi merasa kalau itu sudah merupakan update software terbaru. Langkah nya yaitu : System → Administration → Update Manager → Setting. Kita dapat mengatur mengenai darimana sumber aplikasi kita terupdate dan dapat mengatur berapa kali sistem kita akan melakukan pengecekan update misalnya : Setiap hari, Setiap Bulan,dll.

2. Aktifkan Graphic Card Driver (Driver VGA) Agar Dapat Menikmati fitur 3D

Setelah kita menginstall Ubuntu biasanya sistem akan langsung mendetect driver VGA kita Namun pada kasus lainnya ada beberapa yang tidak terdetect . Maka dari itu lakukan beberapa pengaturan pencarian secara manual yaitu dengan : System → Administration → Additional Driver. Namun biasanya sifat driver tesebut Proprietary ( Memliki Hak Paten / Berbayar bila ingin menggunakannya) Silahkan tanyakan pada Mbah Google untuk menangani hal tersebut.

3. Lakukan Set Up Ubuntu One

Ubuntu One menyediakan kapasita 2GB untuk semua pengguna Ubuntu dengan ruang penyimpanan gratis secara online yang memungkinkan untuk kdapat mengsinkronisasi file-file penting, bookmark Firefox, Tomboy Notes dan kontak Evolution antara komputer – serta file lain atau folder yang Anda inginkan. Silahakan daftarkan diri kita, caranya : System → Preferences → Ubuntu One .

4. Install Ubuntu Tweak

Ubuntu Tweak adalah one-stop shop untuk mengelola dan menginstal aplikasi tambahan, tweaking desktop Anda (seperti menempatkan jendela kontrol kembali di kanan dan memilih ikon yang ditampilkan di desktop) dan memungkinkan Anda untuk menjaga sistem Anda dalam bentuk tip-top shape dengan dibangun pada sistem pembersihan pilihan.

Link download : http://ubuntu-tweak.com/

5. Kunjungi Software Center Untuk Dapatkan Aplikasi Terbaik

Aplikasi yang ada secara langsung saat kita menginstall Ubuntu mungkin masih banyak kekurangan dari berbagai sisi kebutuhan kita. Tenang tidak perlu khawatir karena ubuntu menyediakan Software Center tempat di mana kita dapat mendownload berbagai aplikasi yang dibutuhkan seperti : Adobe Reader, VLC media player, Adobe Air, dll. Caranya :

klik Applications → Ubuntu Software Center

6. Integrasikan Browser Kita

Secara default akan ada browser Mozilla Firefox di Ubuntu kita. Kita dapat membuat browser kita lebih maksimal dengan memanfaatkan fitur ini. Sekarang kita jadi dapat mengatur tema, toolbar, bookmark sesuai keingininan kita.

Link : http://www.omgubuntu.co.uk/2010/09/ubuntu-10-10-ambiance-radiance-themes-for-chrome-firefox-opera/

7. Install Beberapa Indikator

Kita dapat membuat beberapa indikator tambahan dan membuatnya lebih detail memberikan informasi yang ada. Misalnya saja dalam indikator Baterai, eject USB,dll . Kita dapat menginstall sesuai kebutuhan kita aja. Silahkan menuju link : http://www.omgubuntu.co.uk/tag/indicatorapplets/

8. Tambahkan Gmail, Google Voice, Thunderbird , Zimbra pada Indikator Messaging

Kita dapat menambahkan beberapa indikator tambahan pada icon message di kanan atas desktop kita agar kita dapat terus terupdate misalnya saja ketika ada email masuk / laporan pengiriman email, dll.

Gmail : http://www.omgubuntu.co.uk/2010/07/gmailwatcher-another-way-to-get-gmail-alerts-in-the-ubuntu-messaging-menu/

Thunderbird : http://www.omgubuntu.co.uk/2010/09/thunderbird-ubuntu-notification-applet/

Zimbra : http://www.omgubuntu.co.uk/2010/05/add-zimbra-support-to-the-ubuntu-messaging-menu-with-zimdicator/

9. Menambahkan Nautilus Elementary

Nautilus secara default yang ada sekarang ini sedikit berantakan. Tambahkan beberapa kesederhanaan file-browsing ke set-up dengan menginstal pasangan-down, dan terus terang indah, Nautilus-SD. Lebih baik lagi penggantian halus dilengkapi dengan banyak fitur yang besar tidak hadir dalam normal-Nautilus termasuk tampilan browsing seperti ‘aliran-cover’, toolbar editor, built-in terminal, kemampuan untuk menyembunyikan ‘menu utama’ dan zoom slider. Jadi aplikasi tambahan ini akan menambahkan beberapa toolbar apabila kita masuk ke menu MyComputer. Kita dapat mengupgrade secara manual dengan cara masuk ke terminal :

Applications → accessories → Terminal

Kemudian ketikkan Command Berikut :

sudo add-apt-repository ppa:am-monkeyd/nautilus-elementary-ppa

sudo apt-get update && sudo apt-get dist-upgrade

10. Nikmatilah Aplikasi dan Fitur Yang Ada Pada Ubuntu

Jelajahilah pengalaman baru anda bersama Ubuntu 10.10, nikmati berbagai aplikasi yang ada OpenOffice, Rhytmbox, Pitivi Video Editor, dll .Cukup sekian dahulu tips dari saya untuk pagi ini … Karena waktu udah menunjukkan pukul 03.50 sudah saatnya saya untuk tidur, mohon maaf klo ada banyak kesalhan pada kata2 dan penulisannya.., Next Time Disambung lagi mengenai Hal yang mungkin kita butuhkan di Ubuntu…🙂 CMIIW